Hati-Hati Whatsapp Kamu Bisa Dihack! Ini Cara Mengatasinya!

Hati-Hati Whatsapp Kamu Bisa Dihack! Ini Cara Mengatasinya!

Facebook, perusahaan induk yang menangani 1,5 miliar pengguna WhatsApp, mengatakan awal bulan ini bahwa “aktor cyber canggih” telah menginfeksi sejumlah perangkat malware yang tidak dikenal.

Insiden ini pertama kali dilaporkan oleh Financial Times, mereka melaporkan masalah itu pada hari Senin, mengatakan para pelaku mengeksploitasi kerentanan untuk menginstal aplikasi spyware dengan menelpon target melalui WhatsApp, memberi mereka akses ke informasi termasuk data lokasi dan pesan pribadi. Bahkan jika target tidak mengambil, malware dapat menginfeksi ponsel.

Menurut FT, spyware ini dikembangkan oleh kelompok NSO Israel, mereka memiliki perangkat lunak Pegasus yang dikenal menargetkan para aktivis hak asasi manusia. Namun, dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa perusahaan membantah keterlibatan dalam hack WhatsApp.

“Serangan ini memiliki semua keunggulan perusahaan swasta yang diketahui bekerja sama dengan pemerintah untuk menyediakan spyware yang dilaporkan mengambil alih fungsi sistem operasi seluler,” kata WhatsApp dalam sebuah pernyataan kepada FT.

“Kami telah mengarahkan sejumlah organisasi hak asasi manusia untuk berbagi informasi yang kami bisa, dan bekerja bersama mereka untuk memberi informasi kepada masyarakat sipil.”

Dalam pernyataan yang kami kutip dari Busnises Insider: “WhatsApp meminta untuk selalu memperbarui ke versi terbaru dari aplikasi kami, dan memelihara sistem operasi seluler mereka dalam versi terbaru, untuk melindungi informasi pada ponsel cerdas pengguna. Kami terus bekerja dengan mitra industri untuk memberikan peningkatan keamanan terbaru untuk membantu melindungi pengguna kami. “

Sebuah pemberitahuan di Facebook mengatakan masalah itu berdampak pada ponsel Android, iPhone dan ponsel Windows. Pembaruan untuk mengatasi masalah ini dirilis pada hari Senin, dan pengguna didesak untuk memperbarui aplikasi WhatsApp terlepas dari apakah mereka memiliki riwayat panggilan yang mencurigakan atau tidak.

Berikut ini kami berikan cara agar Whatsapp anda aman dari pihak yang tidak bertanggung jawab:

1.Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Fitur Verifikasi dua langkah adalah fitur opsional untuk menambah keamanan ke akun Whatsapp Anda. Saat Anda mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah, setiap upaya untuk memverifikasi nomor telepon Anda di WhatsApp harus disertai dengan enam digit PIN yang sebelumnya Anda buat.

Jadi, jika seseorang ingin mengetuk Whatsapp Anda, mereka akan sulit mengakses WhatsApp Anda karena Anda memerlukan PIN pribadi Anda.

2.Logout dari Fitur Web Whatsapp

Kita sering lupa untuk logout atau logout setelah menggunakan WhatsApp Web di PC atau laptop kita. Meskipun ini sangat berbahaya dan sangat rentan untuk diretas oleh siapa pun. Mungkin ada orang iseng yang membuka laptop Anda dan membaca seluruh isi percakapan Anda dengan rekan kerja atau pasangan Anda. Mulai sekarang, lebih rajin keluar dari WhatsApp Web Anda!

Dapatkan Jackpot sekarang juga dengan bermain di dewapoker

3.Jangan Rooting Folder Whatsapp

Jika Anda memiliki hobi mengotak-atik Android, Anda harus mencoba root / jailbreak Android sehingga Anda bebas untuk memodifikasinya. Namun, tanpa Anda benar-benar tahu kapan Anda memberikan akses root ke folder WhatsApp, ada kemungkinan bahwa aplikasi jahat akan mencuri data dari WhatsApp Anda. Jika memungkinkan, jangan memberikan akses root ke folder WhatsApp sehingga tidak dapat disadap.

4.Hindari Menginstal Aplikasi Pihak Tidak Sah

Tentunya Anda pernah tergoda untuk menginstal aplikasi pihak ketiga apakah akan mengubah tema WhatsApp, mengubah WhatsApp Anda ke Whatsapp Blue atau WhatsApp Premium, atau mengubah latar belakang dan sebagainya. Jika Mr S dapat mengingatkan, hindari mengunduh aplikasi mencurigakan seperti itu. Karena tidak ada jaminan bahwa aplikasi semacam itu bebas dari Malware yang dapat mencuri data Anda.

Pastikan juga Anda mengunduh Whatsapp di App Store resmi seperti Playstore atau App-Store untuk Iphone.

Facebook Comments
error: Content is protected !!