Sejarah Esport Yang Kini “Membanjiri” Indonesia, Siapa yang Pertama?

Sejarah Esport Yang Kini “Membanjiri” Indonesia, Siapa yang Pertama?

Ketika game mobile kini banyak kompetisinya, dulu game-game pc sudah terlebih dulu di kompetisikan dan menjadi ajang pemain pro di negara-negara besar. Perkembangan esports di Indonesia sendiri bisa dibilang sangatlah pesat. Nggak heran, banyak banget kompetisi esports yang diadain di tanah air. Apalagi ketika game mobile juga banyak dikompetisikan. Salah satunya yang terbesar adalah Piala Presiden Esports 2019 yang sekarang masuk ke babak Grand Final.

Menurut techterms.com, esports merupakan bahasa umum yang biasa digunakan untuk menggambarkan kompetisi video game. Sedangkan menurut surat yang dikeluarkan oleh esports.com, esports merupakan kompetisi video game pokercc untuk para pemain profesional.

Spacewar Yang Pertama!

Spacewar, adalah game yang pertama kali diadakan untuk lomba game tingkat professional, pada saat itu diadakan di Universitas Standford pada 19 Oktober 1972. Turnamen ini bernama Intergalactic Spacewar Olympic dan dimenangkan oleh Stewart Brand. Dan yang menariknya, hadiah yang didapatkan bukan uang miliaran rupiah kayak Piala Presiden Esports 2019, tapi langganan majalah Rolling Stone selama satu tahun.

E-sport Yang Pertama Kali Masuk Tv

Suksesnya turnamen Spacewar! membuat Atari mengadakan The National Space Invaders Championship yang mempertandingkan game Space Invaderspada 1980. Turnamen ini jadi yang terbesar saat itu, hingga membuat esports jadi bahan perbincangan. Ini menginspirasi sebuah stasiun tv untuk menyajikan pertarungan antara dua tim dalam permainan arcade yang bernama Starcade yang ditayangkan di Amerika Serikat pada 1982—1984.

Organisasi Penyedia Liga Esports Terbesar Pertama di Indonesia

Di tahun 2018, muncul organisasi penyedia liga esports terbesar di Indonesia, yaitu Indonesia Esports Premiere League (IESPL). IESPL berhasil mengadakan liga pertama mereka, Tokopedia Battle of Friday (TBOF), dengan empat cabang permainan, yaitu Dota 2, Mobile Legends, Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO), dan Point Blank. Liga TBOF musim pertama diadakan pada 10 Agustus 2018 dan menyajikan laga dari 12 tim esports profesional Indonesia.

XCN Tim Pertama Asal Indonesia yang Menarik Perhatian Dunia di WCG

Pada 2002, WCG hadir di Indonesia sebagai ajang penyisihan untuk mencari perwakilan negara. Turnamen ini diadakan di Ballroom Hotel Ciputra, Jakarta, pada 21 September 2002. Judul game yang dipertandingkan adalah Counter-Strike dan StarCraft. WCG menjadi suatu acara esports terbesar di Indonesia saat itu.

Salah satu tim asal Indonesia yang menarik perhatian dunia kala itu adalah XCN. XCN merupakan tim yang memiliki raihan gemilang dalam turnamen esports di kancah nasional dan internasional. Dua judul game andalah dari tim XCN adalah Counter-Strike dan DotA. Salah satu raihan prestasi yang cukup gemilang saat itu adalah juara keenam WCG Internasional yang diadakan di Seoul, Korea Selatan pada 2003.

Game MOBA pertama di Dunia

Pada 1990-an, skema esports mengalami pergeseran karena teknologi internet. Netrek, game strategi yang memberi pemainnya misi menghancurkan pesawat luar angkasa musuh menjadi salah satu game yang sering dilombakan saat itu karena bisa dimainkan lebih dari 16 pemain dalam waktu bersamaan secara online. Karena fenomena ini, Wired Magazine sampai mengatakan bahwa Netrek adalah “the first online sports game”.

Piala Presiden Esports 2019 Pertama Kali Diadakan

Esports semakin dilirik oleh banyak pihak ketika hadir menjadi permainan ekshibisi di Asian Games 2018. Kala itu, Asian Games menyajikan enam judul game, yaitu Arena of Valor, Clash Royale, Hearthstone, StarCraft 2, PES 2018, dan LoL.

Pada awal 2019, IESPL kembali mengadakan turnamen esports di Indonesia, yaitu Piala Presiden Esports. Piala Presiden Esports 2019 menjadi turnamen nasional yang diselenggarakan berkat kerja sama IESPL dengan Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kantor Staf Kepresidenan, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Turnamen ini menyajikan lomba tunggal Mobile Legends.

Piala Presiden Esports 2019 menggunakan format kualifikasi regional yang sangat bermanfaat untuk menjaring para pemain daerah di Indonesia. Format tersebut diharapkan dapat memajukan esports Indonesia dan memberikan peluang bagi para pemain di daerah terpencil. Selain itu, Piala Presiden Esports 2019 juga diharapkan dapat membuka peluang baru untuk memperkenalkan esports ke audiens Indonesia yang lebih luas, seperti masyarakat di luar Pulau Jawa.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!